Home » Internet » Atasi Berita Hoax Di Dunia Maya Dengan Cara Ini!
Atasi Berita Hoax
Atasi Berita Hoax

Atasi Berita Hoax Di Dunia Maya Dengan Cara Ini!

Untuk sekarang ini dunia maya yang semakin banyak penggunanya memberikan suatu informasi atau berita palsu atau yang sering dikenal  dengan berita hoax yang dilaksanakan oleh kalangan oknum yang tidak bisa bertanggung jawab. Untuk itu, kalangan masyarakat yang menggunakan berita selama ini perlu berhati-hati agar nanti tidak mudah dimakan oleh tipu-tipuan hoax bahkan bisa menyebarkan informasi tersebut secara otomatis. Sehingga hal ini sangatlah merugikan banyak orang yang menimbulkan fitnah.

Untuk lebih berhati-hati dalam mendapatkan berita, berikut ini ada beberapa cara sederhana yang sangat membantu untuk memastiikan apakah berita tersebut hoax atau asli. Berikut ini ulasan selengkapnya:

  1. Pertama, berhati-hatilah judul yang provokatif. Biasanya berita hoax memakai jenis judul yang provakatif. Seperti menuding pada pihak lain. Untuk isi dari beritanya biasanya diambil dari media resmi hanya saja ada yang diubah supaya nanti menumbuhkan suatu persepsi yang dikehendaki bagi kalangan yang membuat berita hoax tersebut. Untuk itu, bagi masyarakat yang mendapatkan berita dengan judul yang provokatif, sebaiknya mencarilah referensi dengan berita serupa di situs resmi lalu perlu membandingkan isinya. Dengan begitu bisa menyimpulkan sendiri mana yang baik dan mana yang buruk.
  2. Kedua, cermati situsnya. Bagi berita yang ditemukan pada suatu website atau adanya link, maka perlu memperhatikan betul alamat url-nya. Jika nanti situs tersebut berasal dari alamat yang belum resmi sebagai salah satu institusi pers sepeerti dengan pemakaian domain blog, maka informasi yang diberikan bisa diragukan. Sudah dilansir oleh pihak pers selama ini bahwa ada 43.000 situs yang ada di indonesia dan sudah mengaku sebagai portal berita. Dengan memperhatikan hal tersebut, yang dipastikan situs terjamin resminya tidak lebih dari 300-an. Masih puluhan ribu situs yang masih ada potensi menyebarkan jenis berita yang palsu dan ini harus diwaspadai.
  3. Ketiga, memeriksa fakta yang ada. Perlu untuk memperhatikan betul sumber berita yang berimbang. Bukan hanya dari satu sumber saja yang menjamin tidak memperoleh suatu gambaran yang utuh. Sebaiknya jangan sampai cepat percaya dengan informasi yang asalnya dari tokoh politik, pengamat dan pegiat ormas. Selain itu yang perlu diteliti di sini adalah perbedaan berita yang dibuat sesuai opini dan fakta. Perlu diketahui bahwa opini adalah pendapat dari seseorang yang masih cenderung subjektif. Sedangkan fakta merupakan suatu peristiwa yang ada bukti secara real dan ada kesaksiannya.
  4. Keempat, cek foto asli atau tidak. Dengan perkembangan teknologi yang canggih, bukan hanya konten teks saja yang bisa dipalsukan namun berbentuk foto atau video. Banyak berita palsu yang mengedit sebuah foto dengan provokasi pembaca. Untuk pengecekan asli tidaknya foto, bisa dengan memanfaatkan google images. Sehingga nanti bisa membandingkan mana yang asli dan mana yang palsu.
  5. Kelima, mengikuti diskusi anti hoax. Diskusi yang semacam ini bisa ditemukan di media sosial terutama facebook. Dengan bergabung di grup yang semacam ini, dipastikan masyarakat bisa menanyakan suatu informasi yang hoax dan mampu mengklarifikasi informasi yang ditemukan nantinya. Jika sudah bergabung di dalam grup yang memerangi hoax, dipastikan semua bisa berkontribusi.

Itulah beberapa cara terbaik untuk memerangi berita hoax dan hal-hal yang masih berbau kepalsuan atau menghakimi salah satu pihak atau instansi tertentu. Diharapkan masyarakat jangan sampai termakan dengan berita yang belum tentu sumber asalnya.

Check Also

Situs Penyedia Lowongan Pekerjaan

5 Situs Penyedia Lowongan Pekerjaan di Indonesia Paling Terpercaya

Akhir-akhir ini jumlah angka pengangguran di Indonesia memang semakin banyak. Hal ini umumnya dipengaruhi oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *