Home » Komputer » Perangkat Keras Komputer Apa Saja yang Harus Diketahui?
Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras Komputer Apa Saja yang Harus Diketahui?

Perangkat Keras KomputerPerangkat keras komputer dapat diartikan sebagai bagian-bagian fisik yang membentuk sebuah komputer yang memiliki berbagai fungsi. Perangkat keras digolongkan menjadi 3 sesuai pembagian tugasnya, yaitu: perangkat keras input, pemrosesan dan output. Perangkat keras input merupakan perangkat keras yang memberikan masukan atau input ke komputer yang nantinya akan diproses.

Contoh perangkat keras dalam golongan input adalah mouse dan keyboard. Perangkat keras pemrosesan yaitu otak dari komputer yaitu CPU atau processor. Perangkat keras output berfungsi untuk mengeluarkan hasil dari pemrosesan yang telah dilakukan komputer bisa berupa gambar, audio maupun video. Contohnya speaker, dan monitor.

Apa Perangkat Keras Komputer yang Utama?

Perangkat keras komputer sangatlah banyak dan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Dari banyaknya perangkat keras yang membentuk sebuah komputer, ada beberapa perangkat yang utama. Apa saja perangkat keras utama pada komputer.

  1. Random Access Memory atau RAM

RAM atau Random Access Memory merupakan tempat penyimpanan sementara berbagai data dan perintah sebuah program. RAM memungkinkan komputer membaca data lebih cepat. Ukuran RAM yang lebih tinggi akan mempercepat kecepatan sistem komputer. Kapasitas pada RAM diukur dalam satuan gigabyte.

  1. Hard Disk Drive

Hard disk Drive adalah perangkat keras komputer dimana informasi dan data tersimpan. Pada Hard disk Drive data tidak bersifat sementara. Jika ruang hard disk Drive pada komputer Anda kurang, Anda dapat menggunakan hardisk eksternal / hard Drive eksternal. Hard drive eksternal dapat Anda gunakan jika memerlukan lebih banyak ruang untuk penyimpanan file besar termasuk file cadangan Anda.

  1. Central Processing Unit

Central Processing Unit atau CPU otak dari komputer Anda, tempat di mana fungsi sebuah program dijalankan. CPU memicu sistem operasi Anda yang melakukan booting pada komputer Anda. Kebanyakan CPU diproduksi oleh Intel dan AMD. Memori cache, kecepatan clock dan kecepatan bus sebuah CPU akan menentukan seberapa cepat sebuah komputer berjalan, berapa banyak data yang dapat disimpan, dan kecepatan CPU dalam mentransfer data ke atau dari perangkat lain.

  1. Mother Board

Komponen utama Komputer banyak di pasang di perangkat mother board seperti mikroprosesor, kartu memori, kartu video, catu daya, konektor drive dan komponen komputer lainnya. Motherboard berbentuk seperti papan sirkuit elektronik. Disinilah data-data komputer berlalu-lalang. Motherboard menjadi penghubung semua perangkat komputer serta menajalankannya.

Demikian tadi beberapa hal mengenai perangkat keras komputer yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi bahan referensi Anda.

 

Check Also

Mendinginkan Komputer

Mendinginkan Komputer dengan Benar dan Tepat, Begini Caranya!

Mendinginkan komputer merupakan hal yang sangat penting. Jika komputer dibiarkan dalam keadaan panas terus menerus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *