Home » Komputer » Virus Komputer dan Cara Kerjanya
Virus Komputer

Virus Komputer dan Cara Kerjanya

Virus komputer adalah perangkat lunak atau software yang di rancang untuk menyebar dari satu komputer ke komputer lainnya. Jika suatu komputer terjangkit virus, data didalamnya dapat terhapus ataupun rusak. Sama halnya dengan virus pada manusia, virus komputer penyebarannya sangatlah cepat. Virus mudah menyebar melalui attachment dalam pesan e-mail. Virus dapat disamarkan sebagai lampiran gambar lucu, kartu ucapan, atau file audio dan video.

Virus Komputer

Inilah alasan mengapa virus yang kita dapatkan berasal dari download film, musik, program ilegal. Dan yang paling sering, virus ada di Web dengan materi pornografi. Ketika Anda membuka lampiran atau program yang terinfeksi virus di komputer, Anda tidak akan menyadarinya langsung. Anda akan sadar ketika telah mengalami gejala-gejala seperti Komputer berjalan lebih lambat dari biasanya, berhenti merespons atau sering terkunci, mogok dan restart setiap beberapa menit, Disk atau disk drive tidak dapat diakses, aplikasi di komputer Anda tidak bekerja dengan benar, komputer Anda restart sendiri dan kemudian gagal berjalan normal, melihat pesan kesalahan yang tidak biasa, melihat menu dan kotak dialog yang menyimpang dan sebagainya.

Cara Kerja Virus Komputer Secara umum

Setiap virus sebenarnya memiliki cara kerja berbeda-beda dalam komputer. Namun secara umum, dapat dijelaskan bahwa ketika virus masuk ke sebuah komputer, awalnnya virus bersembunyi di hard Drive. Kemudian, layaknya sel virus di tubuh manusia, virus di komputer mulai menduplikat dirinya. Mungkin Anda tidak akan menyadari bahwa virus di komputer Anda telah berkembang. Setiap kali Anda menyimpan data yang terjangkit virus, virus juga akan ikut tersimpan. Lama-kelamaan virus telah berkembang biak hingga menyebabkan kerusakan pada data di komputer Anda.

Virus akan berpengaruh pada RAM dan Disk komputer Anda. Tetapi tidak pada ROM komputer. Sebuah komputer yang telah terjangkit virus RAM (Random Access Memory) dan disk komputer Anda pasti akan rusak. Jika virus hanya ada di data RAM di komputer Anda, saat komputer mati maka virus akan hilang sama seperti memori lain tersimpan di RAM. Namun, jika virus komputer ada di hard drive atau disk komputer, virus akan berada di komputer. Walaupun Anda telah melakukan restart pada komputer.

Jika Anda beralih dari program atau file yang terinfeksi ke program lain tanpa mematikan komputer Anda, virus kemudian akan melampirkan ke program lain. Hal ini dapat menyebabkan virus perlahan-lahan akan menginfeksi semua program komputer, sebelum Anda mengetahui bahwa komputer Anda terjangkit virus. Nah itu tadi ulasan tentang apaitu virus komputer dan bagaimana cara kerjanya.

Check Also

Mendinginkan Komputer

Mendinginkan Komputer dengan Benar dan Tepat, Begini Caranya!

Mendinginkan komputer merupakan hal yang sangat penting. Jika komputer dibiarkan dalam keadaan panas terus menerus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *